EDY MARHADI

Powered By Blogger

Selasa, 11 Oktober 2011

Bulog Akan Bangun 11 Gudang Baru


Bulog Akan Bangun 11 Gudang Baru


Oleh Gloria Natalia




Berita Terkait
Bulog Kaltim Kaji Ulang Bangun Gudang Beras Baru
Lotte Targetkan Bangun 100 Gerai
Cargill Bangun Pabrik Kakao Rp855 Miliar Di Sulsel
Sukses Sawit Bangun 2 Pabrik Di Kaltim
Inpex Siap Bangun Terminal Gas Blok Masela



JAKARTA: Bulog akan bangun 11 gudang baru pada 2012 untuk menampung surplus beras 10 juta ton pada 2014.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan saat ini 1.570 gudang bulog sudah tidak mampu lagi menampung beras. Apalagi jika surplus beras 10 juta ton pada 2014 terwujud, gudang-gudang Bulog kesulitan menampungnya.

Surplus beras 10 juta ton itu merupakan bagian dari produksi beras 44,29 juta ton yang dihasilkan 78,78 juta ton gabah kering giling.

Selain itu, Bulog hanya memiliki 135 unit pengolahan gabah dan beras (UPGB) yang tidak mampu menyerap lebih banyak gabah. Sutarto memperkirakan 135 unit itu hanya mampu menampung ratusan ribu ton.

"Idealnya, satu gudang memiliki satu unit. Bergantung pada kapasitas. Jika kapasitas 3.000 ton sehari, maka perlu beberapa unit yang mengalirkan beras ke Bulog," katanya di gedung Kementerian Pertanian hari ini.

Sutarto mencontohkan Ciamis punya gudang Bulog kecil tapi daerah itu berpotensi didirikan gudang baru. Setiap gudang baru, menurutnya, memiliki kemampuan menampung beras yang tidak sama dengan gudang lain, tergantung kapasitas UPGB.

"Untuk 2010 sampai 2011, Bulog jauh lebih ketat dari 2008 dan 2009. Kata kuncinya besaran produksi. Idealnya, satu gudang memiliki satu unit. Bergantung pada kapasitas. Jika kapasitas 3.000 ton sehari, maka perlu beberapa unit yang mengalirkan beras ke Bulog," tuturnya.

Sutarto menjelaskan dana pembangunan gudang baru berasal dari laba Bulog, bukan dariAPBN. Selain memiliki gudang baru, saran Sutarto, Indonesia juga butuh kebijakan untuk mengatur arus keluar masuk beras, terutama jika Indonesia sampai mengekspor beras. (sut)

Tidak ada komentar: