EDY MARHADI

Powered By Blogger

Jumat, 07 Oktober 2011

Asean Perlu Tambah Cadangan Beras 2 Kali Lipat

E.Marhadi


Asean Perlu Tambah Cadangan Beras 2 Kali Lipat


Oleh Asep Dadan Muhanda

Jum'at, 07 Oktober 2011 | 11:21 WIB




Berita Terkait
Wapres Ajak Asean Gandakan Cadangan Beras
Wapres Buka Sidang Ke-33 Menteri Pertanian Dan Kehutanan Asean
Asean-India Galang Kerja Sama Pertanian
Asean+3 Sepakati Cadangan Beras
Pertemuan Pejabat Senior Asean Bahas Ketahanan Pangan



JAKARTA: Wakil Presiden Boediono mengajak para pemimpin Asean untuk menambah cadangan beras dua kali lipat dari saat ini untuk memperkuat ketahanan pangan.

Penambahan stok cadangan beras juga diperlukan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penduduk di negara berkembang, terutama kawasan Asean, namun produksi pangan terus turun.

"Perhatian dunia, dan perhatian kita di Asean, akhir-akhir ini tertuju pada perkembangan yang mengindikasikan adanya ketimpangan yang makin melebar antara konsumsi dan produksi pangan dunia," ujar Wapres saat membuka Sidang ke-33 Menteri Pertanian dan Kehutanan Asean, di Jakarta, hari ini.

The 33rd Asean Ministerial Meeting on Agricultural and Forestry juga dilanjutkan dengan pertemuan Asean+3 meliputi Jepang, China dan Korea Sealatan, serta Asean +3 dengan India.

Boediono menjelaskan menurut catatan PBB, pada Oktober 2011 ini akan lahir bayi yang ke-7 miliar. Dari 7 miliar penduduk dunia, sekitar 600 juta hidup di kawasan Asean dan lebih dari 2,1 miliar juta jiwa hidup di kawasan Asean+3 (China, Jepang dan Korea Selatan). Jika ditambah lagi India, maka kawasan ini akan mendominasi jumlah penduduk dunia, atau hampir 3,3 miliar setara 47% penduduk dunia.

"Untuk memenuhi kebutuhan pangan tersebut, produksi pangan global saat ini harus ditingkatkan sekitar 75% dan khusus untuk negara-negara berkembang ditingkatkan sampai 100%," ujar Boediono.

Wapres mengatakan Asean juga harus segera memanfaatkan empat mitra kerja Jepang, Korea Selatan, China dan India untuk menerapkan teknologi produksi pangan. Keempat negara itu mempunyai hasil-hasil riset dalam peningkatan produksi pangan yang harus segera dimanfaatkan.

"Forum Asean+3 dan India akan memperluas opsi-opsi yang terbuka untuk menjawab tantangan bersama di bidang pangan ini, karena ketiga negara mitra mempunyai teknologi dan sistem keamanan pangan yang maju," katanya. (ln)

Tidak ada komentar: